Mengecek Kecepatan Akses Internet

Saat ini pengguna internet semakin tumbuh dengan pesat dan sudah menjadi bagian hidup serta kebutuhan setiap orang. Penggunaan internet umumnya untuk berbagai alasan, diantaranya adalah browsing, email, dan entertain (download film, musik, game, dll.).

User yang menggunakan akses internet, apakah untuk tujuan kerja atau entertain tentunya berharap mendapat akses dengan performa yang baik. Terkait dengan performa akses internet, Anda dapat melakukan pengecekan kecepatan internet yang diterima dari Provider Anda. Mengecek kecepatan internet bertujuan untuk mengukur performa terutama berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses upload/download konten. Hal ini terutama lebih diperhatikan bagi User yang sering menggunakan internet untuk kepentingan download file.

Ada 2 cara untuk melakukan pengecekan kecepatan Internet, yaitu:

  1. Tes kecepatan internet melalui website tertentu
  2. Tes kecepatan internet melalui software

TES KECEPATAN INTERNET MELALUI WEBSITE

Beberapa situs yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kecepatan internet, antara lain:

  • Speedtest.net

Speedtest saat ini merupakan website populer yang digunakan sebagai rujukan bagi orang untuk dapat mengukur kecepatan internet. Website ini selain memiliki tampilan yang cukup menarik namun juga memiliki fitur yang cukup lengkap dengan keakuratan hasil perhitungan yang baik.

  • Fast.com

Anda juga bisa mengukur kecepatan internet Anda di website ini. Walaupun fitur tidak selengkap Speedtest, namun bisa menjadi rujukan yang cukup baik dan bisa dikomparasi dengan Speedtest.

  • Meter.net

Di website ini kita dapat mengukur kecepatan ping, download dan upload dengan proses pengecekan yang membutuhkan waktu cukup singkat. Selain itu kita juga dapat memilih lokasi server.

TES KECEPATAN INTERNET MELALUI SOFTWARE

Tentunya ada banyak software yang dapat melakukan fungsi pengukuran kecepatan internet, baik yang bersifat berbayar ataupun yang free (gratis). Salah satu contoh software yang free dan banyak digunakan orang adalah DownTester dari Nirsoft.

Dengan software ini, data yang ditampilkan tidak hanya berupa kecepatan dalam bits tapi juga Bytes, karena pada umumnya situs yang mengukur kecepatan internet hanya memberikan data dalam satuan bits, dimana sebetulnya bits bukanlah satuan kecepatan yang akurat untuk pengukuran proses download/upload file. Untuk pengertian bits dan Bytes, silakan lihat di postingan sebelumnya.