7 Trik Rahasia Internet yang Jarang Diketahui

Arbamedia.com | Adi K | Agustus 2017 > Info Teknologi.

Internet saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi setiap manusia, Pada zaman yang modern ini hampir seluruh manusia menggunakan layanan internet untuk mencari informasi dengan cepat. Selain itu perkembangan internet saat ini juga banyak digunakan oleh masyarakat untuk melakukan aktivitas sehari-hari secara online. Selain memiliki tarif yang murah, keberadaan akses internet juga dapat membantu kita mengetahui kemajuan dunia masa kini. Di mana kita sudah dapat mengetahui sisi dunia manapun yang ingin kita tuju, dengan hanya menulis nama Negara maupun alamat tertentu.

Apalagi perusahaan Google kini terus melakukan pembaruan, sehingga lebih memudahkan kita dalam membantu menemukan lokasi yang dituju, dengan memanfaatkan maps digital pada perangkat gadget. Selain memperoleh banyak manfaat, internet juga memiliki trik rahasia dan tentunya bukan sembarangan orang yang mengetahuinya.

Berikut beberapa trik rahasia internet yang wajib kamu ketahui, kemudian gunakanlah selagi memerlukannya:

Jelajah Tanpa Meninggalkan Jejak
Biasa disebut fitur ‘’ incognito ‘’ atau browsing online tanpa meninggalkan jejak. Private browsing merupakan sarana terbaik, karena kita dapat menggunakannya untuk mengakses internet tanpa meninggalkan cookies atau URL yang telah kita tuju. Sarana ini dapat kita gunakan bagi yang suka menggunakan komputer orang lain, seperti warnet atau meminjam komputer teman dan sebagainya. Sebenarnya keuntungan dari mode private browsing adalah untuk menyembunyikan riwayat dan cookies saja.

Pada Mozilla terbaru fitur ini sudah tersedia, hanya saja kita perlu melakukan setting-up dulu sebelum menggunakannya. Beda halnya dengan browser Opera atau Chrome, kita dapat membuka private browsing dengan menekan CTRL+SHIFT+N, dengan begitu jendela baru akan muncul dan langsung bisa kita gunakan untuk menjelajah dunia internet.

Menggunakan Browser Sebagai Notepad
Selain untuk browsing dan juga memutar video, ternyata banyak sekali menu yang tersembunyi pada internet browser, terutama pada Mozilla dan Chrome. Kita dapat menggunakan browser tersebut sebagai memo atau notepad, sementara ketika menggunakannya untuk mencatat tugas kerja tanpa harus membuka notepad pada menu aslinya. Caranya juga sangat mudah, ketik script (data:text/html, <html contenteditable>) pada tab baru, tanpa menggunakan tanda kurung dan tekan enter. Cara tersebut dapat digunakan baik itu secara online dan offline.

Google Safe Browsing
Maraknya pengguna internet pada jaman modern menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Berkeliling dunia melalui dunia maya memang menyenangkan bukan..? Apalagi sekarang sudah banyak teknologi berkembang, sehingga memudahkan kita untuk mengakses berbagai jenis informasi di media online. Namun perlu kita waspadai dengan banyaknya pengguna internet, tidak dipungkiri menjadikan sebuah peluang para hacker untuk mengelabui pengguna internet dengan cara mencuri akun, semisal: akun Facebook, Google Adsense, dan lain-lain dengan cara teknik phishing. Namun bagi kalian pengguna internet jangan khawatir, karena sekarang fitur dari Chrome yang baru ini sudah dilengkapi dengan Google safe browsing. Demikian bertujuan untuk menjaga sistem keamanan internet dari malware, virus serta situs-situs berbau peretas.

Menghapus Seluruh Riwayat Penjelajahan/Cache
Chrome dan Mozilla merupakan sebuah aplikasi browsing yang diluncurkan dari pihak masing-masing Brand, untuk kita gunakan sebagai halaman awal dalam menjelajah dunia online. Banyaknya pengguna Chrome dan Mozilla, kini menjadikan aplikasi ini banyak diminati para netizen. Selain memiliki tingkat penjelajahan yang cepat, kedua aplikasi tersebut juga sangat mudah untuk dioperasikan. Namun perlu kita ketahui, setiap browser pasti akan menyimpan riwayat data yang telah kita buka atau cache. Semakin kita sering menggunakan browser, maka semakin menumpuk pula data cache yang terdapat pada browser, hal tersebut akan berpengaruh pada kecepatan jelajah dan tentunya akan menjadi lebih lambat. Salah satu trik menghapus cache dengan cepat yaitu dengan menekan CTRL+SHIFT+R dengan otomatis semua data cache yang ada pada browser akan terhapus seluruhnya.

Tambah ”.com” dan Langsung Menuju Lokasi
Rahasia internet satu ini sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Untuk menuju ke sebuah situs website tentu ada banyak cara tersendiri, seperti menuliskan langsung alamat lengkap yang kita tuju dengan menambahkan .com di belakangnya. Namun kini ada cara lain dan pastinya akan lebih cepat, terlebih dalam membantu Anda saat penulisan pada kolom URL. Caranya sangat mudah, yaitu ketikan saja alamat web tujuan, tanpa menggunakan ‘ ’.com ’’ lalu tekan CTRL+ENTER, dengan otomatis web browser akan menambahkannya sendiri ‘’ .com ‘’ dan langsung memuat ulang web yang akan Anda tuju.

Membuka Kembali Tab yang Terakhir Tertutup
Baik itu disengaja maupun tidak, pasti setiap orang pernah mengalami masalah tersebut. Saat kita membuka beberapa tab pada browser, sepuluh tab atau bahkan lebih, pastinya kita akan berhati hati saat memilih di mana tab yang selanjutnya akan dibuka. Nah, disini pasti kalian semua pernah mengalami kehilangan tab tanpa disengaja karena mungkin salah perintah. Untuk mengetahui tab yang tadinya hilang karena tertutup, lebih mudahnya kita tekan saja CTRL+SHIFT+T atau ‘’reopen closed tab‘’. Dengan begitu tab yang tertutup tadi akan muncul dengan sendirinya.

Bermain Saat Koneksi Internet Terganggu
Memang terkesan aneh jika kita mendengar pembahasan tentang ‘’bermain saat koneksi internet terganggu‘’. Pada browser Chrome sebenarnya ada beberapa menu tersembunyi dan jarang orang mengetahuinya. Salah satunya adalah bermain layaknya permainan anak-anak. Pada aplikasi browser Google Chrome kita sering menemukan tulisan “Tidak ada koneksi internet” saat jaringan internet terganggu. Hal tersebut pasti akan membuat kita merasa panik karena tidak bisa membuka situs web tujuan. Dari sini pihak Chrome mengerti akan hal itu, sehingga membuat permainan/game pada menu tab yang menampilkan gambar tupai, dengan cara menekan spasi pada keyboard. Di situ tupai akan berjalan layaknya pada permainan anak kecil. Tentunya kamu akan terhibur, hingga bisa menunggu sampai koneksi internet stabil lalu mulai browsing kembali.